2 NAMA PEMAIN NBA CHINA MASUK SKUAT ASIAN GAMES

2 NAMA PEMAIN NBA CHINA MASUK SKUAT ASIAN GAMES

Nama dua atlet basket NBA asal China mendadak muncul di daftar pemain yang akan berlaga di Asian Games 2018 Indonesia. Hal itu berbeda dengan nasib yang harus diterima oleh Filipina. Diketahui Filipina belum mengirimkan pemain nya yang memperkuat klub basker di Amerika Serikat NBA untuk mengikuti pagelaran Asian Games 2018.

Pelatih tim basket putra Filipina Yeng Guaio terpaksa harus mencoret pebasket keturunan Filipina-Amerika Serikat (AS) Jordan Clarkson akibat tidak diizinkan oleh pihak NBA. Guiao akhirnya memasukkan nama Don Trollano.

Sementara nama dua pebasket China,  Zhou Qi (Houston Rockets) dan Ding Yanyuhang (Dallas Maverick) masih ada di daftar pemain yang akan berlaga di pesta olahraga se-Asia yang akan mulai dalam hitungan hari.

“Kelihatannya China keras kepala dengan tetap memasukkan nama kedua pemain ini dalam daftar tim utama,” ujar Guiao dalam wawancara lewat telepon sebagaimana dilansir ESPN.

Asisten pelatih Ryan Gregorio menegaskan masalah ini bukan dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA), tetapi lebih ke NBA. Jika pihak NBA sendiri yang menyetujui dan mengirimkan pemainnya untuk berpartisipasi dalam ajang Asian Games makan pemain dapat mengikuti pertandingan yang di selenggarakan.

“Sepengetahuan saya, OCA tidak melarang pebasket China berkompetisi di Asian Games, begitu juga dengan Clarkson. Masalahnya berarti di NBA. Kami masih menunggu keputusan NBA terkait pemain China ini. China kelihatannya tidak menghargai aturan NBA terkait hal ini,” ujar Gregorio.

NBA dalam pernyataannya menegaskan pihaknya membolehkan atletnya membela negara di kompetisi yang terakreditas dengan organisasi basket dunia (FIBA) seperti Olimpiade, Piala Dunia FIBA, kompetisi Piala Kontinental. Karena Asian Games tidak termasuk, jadi NBA punya hak melarang pemainnya ikut di ajang itu.