Cara Memegang Bola Basket Yang Benar Dan Tepat

Cara Memegang Bola Basket Yang Benar Dan Tepat – Setiap permainan pada olahraga, pasti memiliki beberapa teknik yang harus di lakukan dalam permainan/pertandingan. Terutama pada permainan bola basket, jika ingin bermain bola basket, teknik awal yang harus bisa di kuasai merupakan cara memegang bola yang benar. Jika di lihat dengan sekilas, memegang bola basket sangat lah mudah untuk di lakukan. Namun ternyata cara memegang bola basket tidak lah boleh di lakukan dengan sembarangan, terutama saat pertandingan.

Baca juga: Cara Melakukan Bounce Pass Dalam Bermain Bola Basket

Memegang bola basket menjadi hal dasar yang penting dalam bermain bola basket. Karna hal tesebut sangat berhubungan dengan pada saat memberikan dan menerima bola kepada rekan satu tim. Jika memegang bola basket dengan cara yang tidak benar, makan bola akan mudah untuk di rebut oleh lawan.
Bagi anda yang hobi dalam bermain bola basket, namun masi belum paham dalam memegang bola yang benar, anda bisa mempelajari hal tersebut. Silahkan ikuti cara memegang bola basket yang ada di dalam artikel ini.

Membentuk Mangkok Besar

Pada umumnya, memegang bola basket adalah dengan membentuk lebih dulu mangkok besar untuk sikap awal tangan. Bila ingin memegang bola basket dengan kedua tangan, maka kedua tangan inilah yang kita bentuk dengan sikap seperti mangkok besar sementara bola letaknya ada di anatra kedua telapak tangan kita.

Pastikan agar telapak tangan melekat di samping bola tapi ke belakang sedikit, sambil bagian jari-jari kedua tangan melekat juga tapi dalam keadaan berjarak satu dengan lainnya. Ibu jari adalah yang letaknya paling dekat dari tubuh, yakni di bagian belakang bola yang arahnya menghadap ke tengah depan.

Meletakkan Jari-jari Tangan pada Jalur Bola

Untuk bagian ibu jari, kita dapat letakkan pada alur yang lurus dan membentang pada area tengah bola, sementara empat jari lainnya bisa diletakkan pada alur di atas alur tengah bola. Antara jari yang satu dengan lainnya hendaknya diberi jarak atau diregangkan meski tidak usah begitu lebar.

Memerhatikan alur garis yang ada pada bola basket pada dasarnya dapat dijadikan sebagai panduan yang lebih mudah juga bagi kita dalam menempatkan jari-jari saat memegangnya. Arah manapun tidak masalah, namun ketika baru mulai memegang bola basket, ada baiknya meletakkan jari sesuai alur yang

Menggunakan Ibu Jari, Telunjuk, Jari Tengah dan Jari Manis

Menggunakan Ibu Jari, Telunjuk, Jari Tengah dan Jari ManisSaat memegang bola, pastikan bahwa kita juga menggunakan ibu jari, telunjuk, jari tengah serta jari manis. Justru pada waktu memegang bola basket ini, ujung-ujung jarilah yang bertugas menjaga bola agar tidak jatuh dan tetap pada genggaman kita. Pada poin ini yang dimaksudkan adalah bahwa ujung jari lebih banyak bekerja daripada bagian telapak tangan kita.

Dengan menekan ujung-ujung jari yang sudah disebutkan tadi pada bola yang dipegang menuju ke dalam. Jangan heran apabila telapak tangan tidaklah menempel pada bola sewaktu kita sudah menekankan ujung-ujung jari tadi pada bola. Ini adalah cara memegang yang benar sehingga tak perlu ragu ketika telapak tangan tak menyentuh bola.

Meremas Bola

Meremas BolaLatihan tidak cukup hanya sampai pada penekanan dari ujung-ujung jari mulai dari ibu jari, telunjuk, jari tengah, serta jari manis. Ketika memegang bola, ada kalanya kita perlu meremas bola dan hal seperti ini pun wajib menjadi bagian dari latihan kita. Latihan ini bisa dilakukan dengan tujuan utama sebagai pembangun kekuatan jari.

Saat latihan memegang bola basket yang benar, pastikan untuk mengambil waktu khusus untuk menggunakan ujung-ujung jari yang sebelumnya sudah disebutkan untuk diremaskan pada bola. Hal ini berlaku saat kita memegang bola basket menggunakan kedua tangan dan dengan cara memegang yang benar, maka kita akan juga bisa berlatih cara mengoper bola basket yang benar serta akan lebih mudah lagi untuk melatih cara meningkatkan kemampuan tembakan bebas pada bola basket.