HONGKONG TAKLUK HAYA DENGAN 8 PEMAIN JEPANG

HONGKONG TAKLUK HAYA DENGAN 8 PEMAIN JEPANG

Kepala pelatih tim nasional putra Jepang Mandole Herman Julian menangis tersedu-sedu. Jepang baru saja mengalahkan Hong Kong di lanjutan penyisihan Grup C Asian Games 2018. Bermain hanya dengan delapan pemain, Jepang menang 88-82.

Semua pemain Jepang berhasil mencetak angka. Lima di antaranya dengan digit ganda. Ota Atsuya dobel-dobel dengan 19 poin dan 10 rebound; Tanketsu Harimoto 17 poin, 8 rebound dan 5 asis; Leo Vendrame 14 poin dan 8 asis; Taichi Nakamura 12 poin dan Naoya Kumagae 10 poin.

“Kami tidak melakukan apa-apa. Saya tidak melakukan apa-apa. Saya ada di kampung atlet terus selama di sini,” ungkap Coach Mandole.

Sebelumnya, empat pemain inti Jepang dipulangkan karena dianggap melanggar kode etik kontingen. Yuya Nagayoshi, Takuya Hashimoto, Takuma Sato dan Keita Imamura dipulangkan karena kedapatan melakukan transaksi dengan PSK di salah satu lokasi di Jakarta.

Tanpa empat pemain intinya, Jepang tetap bermain tenang. Di kuarter pertama, Jepang unggul tipis, 22-19. Perlawanan Hong Kong tak pernah kendur. Lewat Shiu Wah Leung, Hong Kong memperkecil ketertinggalan menjadi 41-42 di akhir kuarter kedua. Leung bahkan sudah mencetak 23 poin hingga akhir kuarter ini. Pemain ini mencetak total 35 angka di akhir laga.

Jepang mulai menguasai laga di kuarter ketiga. Kombinasi Harimoto, Atsuya dan Taichi semakin tajam. Akurasi Jepang mencapai angka 50 persen. Tim Jepang seperti akan melewati laga dengan lebih mudah dengan keunggulan 70-61.

Tembakan tiga angka Hong Kong di sisa tiga menit kuarter empat membawa kedudukan menjadi 77 sama. Lewat kerja sama cepat, Hong Kong berhasil unggul 79-77.

Setelah berhasil kembali menyamakan kedudukan menjadi 79 sama, menyisakan waktu kurang dari dua menit, tembakan tripoin Naoto Tsuji kembali membuat Jepang unggul. Hong Kong tak lagi mampu mengejar.

“Kehilangan empat pemain pilar tidak terlalu berpengaruh bagi tim kami. Tapi jelas perjuangan jadi semakin berat,” tambah Mandole yang berasal dari Argentina. “Target kami di Asian games adalah merebut medali. Untuk saat ini, saya tidak tahu.”

Di Grup C, Jepang sudah menjalani semua laga. Dari tiga laga, Jepang menang dua kali. Menang melawan Qatar, 82-71, dan Hong Kong. Jepang kalah sekali melawan Cina Taipei, 71-65. Dengan hasil ini Jepang berada di posisi kedua klasemen akhir grup dan akan melaju ke babak perempat final. Jadwal pertandingan menyusul.