KOBE BRYANT RAIH KEUNTUNGAN 33 KALI LIPAT BISNIS MINUMAN

KOBE BRYANT RAIH KEUNTUNGAN 33 KALI LIPAT BISNIS MINUMAN

Pamor Kobe Bryant sebagai bintang dan legenda NBA tak perlu diragukan lagi. Bermain 20 musim hanya untuk Los Angeles Lakers, Kobe sudah meraih segalanya. Gelar juara, MVP, penampilan All Star, dan segala penghargaan individu rasanya sudah didapatnya. Di level tim nasional, dua medali emas olimpiade dan satu medali emas Piala Dunia masuk dalam portofolionya.

Selepas pensiun dari basket di akhir musim 2016, Kobe sudah jarang sekali terlihat bersentuhan langsung dengan dunia basket. Selain foto berlatih dengan ruki Boston Celtics, Jayson Tatum, bapak tiga anak ini tak lagi terlihat bermain basket. Namun, ia masih cukup sering terlihat menghadiri laga-laga NBA dan basket lainnya seperti final NCAA.

Rupanya, Kobe yang sekarang lebih sibuk di dunia bisnis. Mendirikan Kobe Inc. sejak 2014 lalu, Kobe berusaha menyasar banyak pasar bisnis, salah satunya adalah minuman energi, BodyArmor. Kala itu, Kobe dan perushaannya memberikan investasi sebesar AS$6 juta yang membuatnya menjadi pemegang saham terbesar ketiga. BodyArmor adalah perusahaan minuman energi yang baru berdiri 2011 lalu. Saingan utama BodyArmor adalah merek yang sudah ada sejak 1965, Gatorade.

Selasa, 14 Agustus 2018, waktu setempat, kabar bahagia menghampir Kobe dan perusahaanya. Coca-Cola Co. dipastikan membeli saham mayoritas BodyArmor. Belum disebutkan secara resmi berapa nominal yang digelontorkan Coca-Cola untuk BodyArmor, namun Coca-Cola dipastikan menjadi pemilik saham terbesar kedua BodyArmor sekarang. Sementara Kobe dan perusahaannya turun sebagai pemegang saham keempat terbesar.

Dilasnir Wall Street Journal, BodyArmor diprediksi akan meraih pendapatan bersih AS$400 juta. Hal tersebut membuat nilai perusahaan secara keseluruhan mencapai kisaran AS$2 miliar. Kesepakatan ini membuat nilai saham BodyArmor naik. Bagi Kobe, kesepakatan ini membuat investasinya sebesar AS$6 juta tersebut berubah menjadi AS$200 juta yang setara dengan 33,3 kali lipat.

Kobe tak dapat menyembunyikan rasa bahagianya dengan kesepakatan ini. Melalui akun Twitter pribadinya, Kobe mengungkapkan bangga dan merasa sudah waktunya BodyArmor menggeser Gatorade. “Saya sangat bangga dengan tim kami di @DrinkBODYARMOR dan rekan kami @CocaColaCo yang percaya dengan misi kami menjadi minuman energi nomor satu. Terima kasih @Gatorade, kami akan ambil alih dari sini.”