KUTUKAN CIDERA RUKI SIXERS GENTAYANGI ZHAIRE SMITH

KUTUKAN CIDERA RUKI SIXERS GENTAYANGI ZHAIRE SMITH

Dalam kurun 2013-2017 Philadelphia 76ers selalu mendapatkan hak memilih pada NBA Draft di urutan enam teratas. Sayangnya, hubungan Sixers dengan ruki (rookie) tak pernah berjalan mulus. Selalu ada saja masalah cidera yang menimpanya

Bahkan, beberapa media tak ragu menyebut Sixers dan para ruki mereka terkena kutukan. Terhitung sejak 2013, silih berganti pemain tahun pertama mereka mengalami cedera-cedera yang memaksa mereka menepi dalam waktu yang lama.

Nerlens Noel menjadi korban pertama kutukan ini. Ia masuk ke NBA pada 2013, kala itu ia tidak dipilih langsung oleh Sixers. Noel dipilih oleh New Orleans Pelicans yang kemudian menukarnya demi Jrue Holiday ke Sixers. Sayangnya, Noel bermasalah dengan lututnya dan absen satu musim penuh.

Semusim berselang, Sixers mendapat hak memilih ketiga yang mereka gunakan untuk merekrut Joel Embiid. Sebelum malam draft, Embiid memang naik meja operasi untuk cedera patah tulang di kaki kanannya. Namun, cedera tersebut tak mengurungkan niat Sixers mengambilnya. Sayangnya, cedera tersebut tak kunjung membaik di sepanjang musim. Bahkan, Embidd harus absen dua musim penuh dan baru memainkan laga pertamanya di musim 2016-2017.

Di musim debut Embiid, Sixers mendapatkan hak memilih pertama di NBA Draft. Hak tersebut ia gunakan untuk merekrut pemain asal Louisiana State University, Ben Simmons. Berbeda dengan Noel dan Embiid, Simmons masih sempat turun di ajang NBA Summer League. Di ajang itu pula Simmons terkena cedera di kaki kanannya dan harus asben sepanjang musim. Musim lalu adalah musim ruki Simmons dan langsung menyabet gelar Rookie of The Year.

Musim lalu, Sixers kembali mendapatkan keuntungan memilih pemain di urutan pertama. Keuntungan ini datang setelah Sixers setuju melakukan pertukaran hak memilih dengan Boston Celtics. Hak tersebut mereka gunakan untuk memilih Markelle Fultz dari University of Washington. Fultz mengalami hal yang berbeda dengan para pendahulunya. Ia berhasil tampil di NBA Summer League dan bermain di empat laga awal NBA. Sayangnya, beberapa orang melihat jelas ada yang tidak beres dengan pergerakan Fultz. Diagnosis menyebutkan Fultz bermasalah dengan bahunya.

Fultz absen hingga 68 laga beruntun setelahnya. Ia baru turun bermain di laga ke-73 Sixers dan berhasil mencetak tripel-dobel di laga terakhir Sixers. Di babak playoff, Fultz hanya turun tiga kali karena Kepala Pelatih Sixers, Brett Brown, merasa ia berlum cukup siap di laga sepenting itu.

Kutukan ini sepertinya akan berlanjut musim depan. Zhaire Smith, ruki yang terpilih di urutan ke-16 NBA Draft dan didapatkan Sixers melalui pertukaran dengan Phoenix Suns baru saja mengalami cedera. Dalam siaran resmi yang dikeluarkan Sixers, Smith terkena cedera pada kaki kirinya saat ia mengikuti pemusatan latihan di Las Vegas. Belum ada kabar lanjutan mengenai seberapa parah cedera yang ia derita. Namun, beberapa sumber menyebutkan ada tulang yang retak dalam cedera ini.

Jika cedera yang ia alami cukup serius, maka kutukan cedera ruki Sixers belum akan berakhir. Pun begitu, dalam perjalanan kutukan ini, Sixers justru mengalami penaikan performa yang signifikan. Dari tim yang hanya memenangi 28 laga dalam kurun 2014-2016. Musim lalu Sixers menutup musim reguler dengan 58 kemenangan dan melaju hingga semifinal Wilayah Timur.