Pengertian Pivot Dalam Bola Basket Dan Teknik Melakukannya

Pengertian Pivot Dalam Bola Basket Dan Teknik Melakukannya – Dalam bermain bola basket di kenal dengan memiliki 6 teknik dasar yang harus di pahami dan di kuasai setiap pemain agar dapat bermain bola basket dengan baik. Teknik dasar dari bermain bola basket merupakan catthing, shooting, dribbling, jump shoot, rebound dan pivot. Namun saat ini kita akan membahas cara untuk melakukan yeknik pivot.

Baca juga: Latihan Menembak Tiga Angka

Fungsi dan tujuan pivot dalam permainan bola basket

– Mengelabuhi lawan melalui gerakan berputar, selain itu pivot ini juga sebagai langkah awal atau persiapan sebelum pemain melakukan shooting ke arah ring basket lawan.
– Untuk mencari celah defense lawan yang memberikan kita ruang dan arah untuk passing, drive, shoot atau menciptakan situasi.
– Menipu lawan menggunakan pergantian arah atau change direction.
– Gerakan untuk melindungi bola dari sergapan lawan, karena dalam olahraga basket ini pemain yang telah memegang bola harus melakukan drible dan tidak di perbolehkan untuk bergerak tanpa melakukan drible, sehingga untuk melindungi bola dari lawan dengan menggunakan teknik pivot ini.
– Pivot di gunakan untuk menghindari serangan lawan, atau bisa juga di gunakan sebagai salah satu startegi untuk menyerang lawan.

Teknik-Teknik Dasar Pivot Dalam Bola Basket

– Ketika melakukan pivot, pemain di haruskan melakukan beberapa langkah-langkah dan hal-hal yang perlu di perhatikan agar pivot sempurna. Berikut teknik-teknik dan langkah melakukan pivot:
Pilih salah satu kaki sebagai poros kaki untuk menumpukan berat badan anda di atas kaki
– Gerakan melangkah ke segala arah dengan kaki yang sama sedangkan kaki yang satunya menempel pada tanah dan digunakan sebagai poros atau tumpuan
– Setelah menyelesaikan pivot kembali ke sikap dasar dan bersiap-siap untuk langkah berikutnya.

Itulah beberapa teknik dasar melakukan pivot atau gerakan memutar dalam permainan bola basket yang perlu di perhatikan. Cara melalukan pivot seperti yang di jelaskan di sini adalah teknik-teknik yang paling dasar untuk pemula. Dengan mengetahui apa itu pivot dan bagaimana cara melakukannya tentu akan memudahkan pemain dalam melakukan gerakan mengelabui lawan melalui gerakan memutar pada poros kaki ini.