Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya

Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya – Sama hal nya seperti bermain bolakaki dan bola volly, permainan bola basket pun di bagi dengan beberapa anggota tim. Setiap anggota tim memiliki posisi dan tugas yang telah di tentukan. Tujuan di lakukannya hal itu agar menambah atau menjadikan tim semakin lebih kuat. Penempatan posisi dalam permainan bola basket pun dapat terjadi berubah–ubah dengan cepat saat berada di arena bermain tergantung pada situasi atau keadaan yang tengah terjadi.

Baca juga: Teknik Dasar Bermain Bola Basket Lengkap Dengan Gambar

Dalam permainan bola basket terdapat 5 posisi utama pemain, yang biasanya untuk mempermudah penyebutannya juga diwakilkan dengan angka. Seperti pemain 1 (Point Guard), pemain 2 (Shooting Guard), pemain 3 (Small Forward), pemain 4 (Power Forward), dan pemain ke-5 (Center). Untuk lebih jelasnya mengenai nama-nama posisi pemain bola basket tersebut, simak penjelasan singkat berikut ini.

1. Point Guard

Posisi ini akan lebih efektif jika dilakukan oleh mereka yang berkemampuan bagus dalam melakukan dribble. Point guard berperan sebagai pengatur serangan dan biasanya posisi inilah yang pertama kali melakukan passing. Point guard umumnya bertugas sebagai pengatur strategi yang akan digunakan untuk mencapai kemenangan timnya. Selain itu, point guard juga bertugas untuk membawa bola sekaligus melakukan passing pada rekannya. Dia yang mengatur irama permainan timnya, apakah cepat atau lambat. Biasa juga disebut playmaker. Point guard biasanya diisi oleh mereka yang memiliki badan kecil dan lincah serta jago melakukan dribble.

2. Shooting Guard

Pada strategi permainan tertentu, pemain dengan posisi ini dapat menjadi penembak utama dalam tim. Shooting guard juga dapat melakukan drive ke dalam. Posisi ini memungkinkan pula untuk menjadi small forward yang memiliki kemampuan rebound yang baik. Pemain yang mengisi posisi ini biasanya mereka yang memiliki tubuh besar dengan kemampuan rebound yang lebih baik. Selain itu shooting guard ialah orang yang punya tugas untuk menembak bola dari jarak-jarak yang cukup jauh. Dia harus cepat bergerak dan mencari posisi yang kosong untuk melepaskan tembakan. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang paling bagus akurasi shootingnya.

3. Small Forward

Posisi ini ditujukan untuk mereka yang bertugas dalam mencetak angka. Small forward diharapkan mampu menerobos pertahanan pihak lawan dan melakukan lay-up atau dunk untuk melakukan tembakan. Posisi ini biasanya diberikan untuk mereka yang pintar atau memiliki teknik hebat dalam mencetak angka.

4. Power Forward

Tugas dari posisi ini adalah untuk merebound bola. Rebound dilakukan untuk menjaga bola jauh dari tangan musuh, rebound penting agar bola tak kembali ke tangan lawan. Posisi ini biasanya ditempati oleh mereka yang dapat melakukan lompatan yang tinggi serta mereka yang memiliki badan besar untuk beradu fisik dengan lawan.

5. Center

Posisi ini biasanya diisi oleh mereka yang memiliki postur tinggi dan bertubuh besar untuk beradu fisik dengan tim lawan. Cara memilih center tidak terpusat pada ukuran yang pasti. Pemain yang mendapat tugas sebagai center memiliki tanggung jawab untuk bermain di key hole dan pemain inilah yang biasanya melakukan rebound. Center memiliki tanggung jawab dalam mengamankan ringnya dari tembakan musuh yang akan melakukan tembakan dari jarak dekat. Pada penyerangan, center harus mampu melihat posisi teman-temannya dan memberikan umpan pada teman yang kosong (karena posisinya di tengah, sehingga mudah memberi umpan ke sisi manapun).