Sejarah Olahraga Basket Masuk Ke Indonesia

Sejarah Olahraga Basket Masuk Ke Indonesia – Pastinya anda tau dengan bola sekaligus di sebut cabang olahraga yang satu ini, yaitu bola basket. Bola basket merupakan olahraga yang di mainkan secara berkelompok atau tim, dalam satu tim itu di isi dengan lima pemain. Tujuan utama dalam pertandingan bola basket adalah mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan sebanyak-banyaknya. Pertandingan bola basket pun di mainkan pada ruangan yang tertutup, berbeda dengan sepakbola yang di mainkan di sebuah lapangan terbuka.

Olahraga yang satu ini diciptakan oleh seorang guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA Pada tahun 1891, Dr. James Naismith ini datang ke Indonesia Sekitar tahun 1894.

Ada beberapa informasi mengatakan masuknya basket bersamaan dengan kedatangan pedagang dari Cina menjelang kemerdekaan. Tepatnya, sejak 1894, bola basket sudah dimainkan orang-orang Cina di Provinsi Tientsien dan kemudian menjalar ke seluruh daratan Cina. Mereka yang berdagang ke Indonesia adalah kelompok menengah kaya yang memilih olahraga dari Amerika itu sebagai identitas kelompok Cina modern.

Informasi ini diperkuat fakta menjelang dan pada awal kemerdekaan klub-klub bola basket di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta, dan Surabaya sebagian besar tumbuh dari sekolah-sekolah Cina.

Dari klub itu pula kemudian lahir salah seorang pemain legenda Indonesia, Liem Tjien Siong yang kemudian dikenal dengan nama Sonny Hendrawan (Pada 1967 Sonny terpilih sebagai Pemain Terbaik pada Kejuaraan Bola Basket Asia IV di Seoul, Korea Selatan. Waktu itu, tim Indonesia menduduki peringkat ke-4 di bawah Filipina, Korea, dan Jepang).

Pada 1948, ketika Negara Indonesia menggelar PON I digelar di Solo, bola basket, sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Ini membuktikan bahwa basket cepat memasyarakat dan secara resmi diakui Negara.

Tiga tahun kemudian, Maladi sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang kemudian menjadi Menteri Olahraga, meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi bola basket. Namun akhirnya karena tuntutan kebutuhan untuk menyatukan organisasi basket, disepakati pembentukan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada 1955, disingkat Perbasi.

Yang namanya pertandingan dalam olahraga pun memiliki beberapa aturan agar pertandingan berlangsung secara damai tanpa ada beberapa kecurangan, terutama pada pertandingan bola basket. Jika anda masih belum mengetahui apa saja peraturan dari dasar dalam permainan bola basket. Silahkan anda baca Aturan Dasar Permainan Bola Baket.