Sejarah Perbasi

Sejarah Perbasi – Perbasi atau kepanjangan dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia merupakan induk organisasi cabang olahraga basket di Indonesia. Perbasi didirikan pada tanggal 23 Oktober 1952. Dengan adanya organisasi ini, seluruh kegiatan pertandingan bola basket di atur oleh pihak terkait dari Perbasi. Pastinya anda bertanya-tanya juga kan, bagaimana awal terbentuknya Perbasi ini. Maka dari itu, dalam artikel ini, anda akan mendapatkan sejarah mengenai Perbasi.

Baca juga: Sejarah Olahraga Basket Masuk Ke Indonesia

Sejarah Perbasi

Perbasi didirikan pada tahun 1952, di mana Tony Wen dan Wim Latumeten diminta oleh Maladi yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk menyusun organisasi olahraga bola basket Indonesia. Atas prakarsa kedua tokoh ini, pada tanggal 23 Oktober 1952 dibentuklah organisasi bola basket Indonesia dengan nama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia disingkat Perbasi. Tony Wen menduduki jabatan ketua serta Wim Latumeten sebagai sekretaris. Tahun 1955 namanya diubah dan disesuaikan dengan perbendaharaan bahasa Indonesia, menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dan tetap disingkat Perbasi.

Perbasi menganut sistem vertikal berjenjang, yang dimulai dari tingkat perkumpulan, pengurus cabang (pengcab) Perbasi, pengurus daerah (pengda) Perbasi, sampai kepada pengurus besar (PB) Perbasi. Dalam perjalanannya PB Perbasi telah beberapa kali berganti kepengurusan. Tercatat pengusaha muda Noviantika Nasution pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB Perbasi masa jabatan 2006-2010, setelah sebelumnya jabatan Ketua Umum dipegang oleh Gubernur DKI, Sutiyoso.

Saat ini Ketua Umum PB Perbasi dipegang oleh mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia Anggito Abimanyu, setelah unggul 133 suara dari satu calon lainnya Azul Ananda di Musyawarah Nasional Perbasi di Jakarta.