Teknik mendribble bola basket

Cara Melakukan Dribble pada Bola Basket

crossover-dribble

Cara Melakukan Dribble Pada Olahraga Bola Basket sangat penting, Pemain Dengan Teknik Mendribble bola yang baik akan memiliki penguasaan bola yang lebih baik dan memiliki kemungkinan masuk ke pertahanan lawan serta memberikan opsi menyerang yang lebih banak.

Hal yang penting yang harus di ketahui saat akan melakukan dribble pada bola basket bisa anda lihat dibawah ini

BALLHANDLING

Pertama, Anda perlu belajar bagaimana mengontrol bola secara efektif atau dengan kata lain, bagaimana mendribble bola dengan baik. Mendribble bola basket mungkin terlihat mudah, tetapi untuk mendribble bola dengan baik Anda harus belajar beberapa trik khusus dan berlatih dengan tekun.

Allen Iverson (The Dribble Master)
Dasar Tips: dribbling Dos and Don’ts

  • Gunakan ujung jari Anda, TIDAK telapak tangan
    Pada akhir latihan, periksa tangan Anda. Jika telapak tangan Anda bersih dan jari-jari anda kotor, itu berarti Anda sedang menggiring bola dengan benar.
    Jangan overdribble tanpa ada batasan yang jelas
    Jangan terus menggiring bola sampai anda tidak lagi dijaga. Anda harus beralih focus dari dribble segera setelah Anda melihat perthanan tim menjadi terbuka dan ada peluang. Jika terus menggiring bola, rekan tim Anda akan berhenti berusaha untuk mendapatkan ruang yang hot shoot setelah beberapa saat, karena mereka tahu bahwa mereka tidak akan mendapatkan bola passing dari Anda.
  • Dribble adalah merasakannya dengan jari dan hati
    Belajarlah untuk mendribel dengan merasakannya sehingga Anda dapat selalu menjaga kepala Anda untuk menemukan rekan tim pembela dan terbuka sehingga pandangan tidak hanya fokus pada bola yang justru dengan itu menjadi sulit untuk bekembang dalam permainan basket.
  • Mendorong dan memantulkan serta menekan bola dengan kuat dan tangan Anda tetap rendah
    Defender memiliki banyak waktu untuk mencuri bola, dari saat Anda mendribble bola ke lantai sampai memantul kembali ke ujung jari Anda. Menggiring dengan kuat mempersingkat waktu Anda untuk mengusai kendali bola dan menjadi lebih terkontrol, meminimalkan risiko kehilangan bola dari penguasaan Anda.

Spin Move

Spin Move adalah gerakan dribble untuk melewati lawan dengan melakukan putaran tubuh 180 derajat

Ketika Anda berada di pertahanan terbuka (Man to man) dan defender seakan-akan dapat membaca kemana arah gerakan Anda yang harus melewatinya dengan dribble untuk bisa mendekatkan diri dengan ring maka mendribble bola spin bisa menjadi solusi cerdas karena tidak setiap defender akan berfikir Anda akan melakukan gerakan tersebut. Untuk melakukan gerakan spin dimulai dengan mendribble bola dengan pantulan keras (power dribble) dilanjutkan dengan tangan kanan Anda ke arah defender sehingga seakan-akan merubah pola fikir defender bahwa kita akan melewatinya dari sisi kanan, lalu berhenti dengan kaki kiri ke depan dijadikan sebagai tumpuan untuk putaran (spin). Membuat cepat poros 180 derajat dari kaki kiri Anda lalu Switch tangan untuk memindahkan bola melalui rotasi dan dengan cepat sudah terjadi perpindahan mendribble bola dari tangan kanan ke tangan kiri. Segera setelah Anda kembali tubuh defender yang secara otomatis sudah menjauhinya, lakukan poros 180-derajat dari kaki kanan Anda dan Anda akan menghadap ke ring lagi selanjutnya keputusan terbaik ada pada anda untuk melakukan eksekusi shooting atau ekstrapassing teman yang paling berpeluang mencetak poin.

Akan tetapi setiap gerakan akan memberikan pengaruh dalam permainan tim secara keselurhan termasuk gerakan Spin dan inilah efek negatifnya :
Ketika berputar, sementara Anda tidak dapat melihat Ring atau tidak akan dapat melihat anggota tim melakukan gerakan memotong (cutting) hal tersebut sebagai akibat dari gerakan memutar 180 derajat yang sangat membutuhkan konsetrasi untuk membuatnya berhasil.

Defender lain yang ada pada posisi help side mungkin dapat membaca Spin Anda dan anggota tim Anda dalam posisi tertutup arah passingnya oleh defender lain sehingga kemungkinan besar akan turn over.

Melakukan spin bergerak terlalu cepat dapat mengeluarkan Anda dari-keseimbangan sehingga yang terjadi justru travling dan banyaknya turn over akan membuat tim Anda mengalami kerugian besar jika itu merupakan pertandingan yang menentukan dalam suatu kejuaraan bergensi.

Perubahan-Of-Pace Dribble

Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengelabui para Defender

Kecepatan Dribble akan memberikan banyak keuntungan dalam situasi tertentu misalnya Fast Break namun jika kecepatan itu digabung dengan kemampuan kita dalam merubah kecepatan menjadi seolah-olah melambat lalu dengan cepat pula menambah kecepatan dribble seperti awal dan hal itu akan membuat lawan yang defense menjadi tertipu maka kita dapat melewatinya dengan mudah.

Kondisi terkadang menempatkan Anda pada saat mendribble full speed dan dengan cepat juga Double tim datang untuk menjaga dan situasi seperti inilah yang terkadang membuat Anda menjadi bingung tapi tenang dan yang harus Anda lakukan adalah menjadikan kaki depan sebagai tumpuan lalu luruskan naik sedikit dan tubuh selalu terjaga untuk gerakan selanjutnya.
Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengelabui para Defender menjadi percaya bahwa Anda melambat. Seperti Anda yang berdiri tegak tapi selalu terjaga untuk bergerak maka mereka (Defender) akan berdiri tegak secara naluriah juga. Dan pada saat itulah Anda menghadapi mereka (Defender) tanpa posisi tubuh defense yang sempurna (Palm defense)! Lalu Anda harus Mempercepat dengan mendorong dari kaki gerak Anda melewati Defender dengan dribble full speed dan Anda dengan mudah lolos dari kondisi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*