THAILAND DAN JEPANG AMANKAN TIKET DELAPAN BESAR

Jepang dan Thailand hari ini sama-sama berhasil mengamankan tiket ke babak delapan besar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Bertanding di GBK-Hall Basket, Jepang menang dengan skor telak 107-35 atas Mongolia, sedangkan Thailand mengalahkan Hong Kong, 86-76, Minggu, 19 Agustus 2018.

Jepang kini menduduki puncak klasemen dengan lima poin. Hasil dari dua kemenangan dan satu kali kalah. Pada pertandingan melawan Mongolia, Jepang terlihat sangat dominan. Mereka bahkan leluasa mencoba pemain dan strategi. Semua pemain Jepang mencetak poin. Pemain yang terbanyak adalah Mio Shinozaki (19 poin), Saki Hayashi (14 poin), Haruka Suzuki (13 poin, 15 rebound) dan Layla Takehara (12 poin). Sedangkan di kubu Mongolia ada Bulbul Murat yang mencetak 16 poin.

Sementara itu, Thailand juga berhasil mengamankan satu kemenangan. Kali ini mereka menang atas Hong Kong, 86-76. Satu kemenangan tersebut sangat berarti bagi Thailand, mengingat mereka sudah pernah kalah di laga sebelumnya. Kini Thailand menempati posisi ketiga di klasemen sementara Grup Y.

Thailand sempat mendapat perlawanan sengit dari Hong Kong. Terutama di kuarter ketiga. Hong Kong lebih baik dengan mencetak keunggulan 28-19. Tetapi Thailand tetap memimpin 60-59 di akhir kuarter ketiga.

Thailand kembali meningkatkan tempo permainan di kuarter keempat. Hong Kong pun kesulitan mengimbangi permainan Thailand. Tidaporn Maihom mencetak enam poinn di kuarter keempat. Di laga ini, Maihom mengumpulkan 24 poin dan 10 rebound. Disusul Supavadee Kunchuan (18 poin), Supira Klanbut (13 poin) dan Penphan Yothanan (11 poin).

Di Grup Y, hanya Jepang dan Hong Kong yang sudah menjalani tiga pertandingan. Cina, Thailand dan Mongolia baru bertanding dua kali. Ini artinya, persaingan semakin panas bila Hong Kong mampu mencuri kemenangan. Sebab Hong Kong saat ini belum pernah menang dari tiga laga.