TIGA POIN PERTAMA DI RAIH TIM PUTRA BASKET INDONESIA 3×3

TIGA POIN PERTAMA DI RAIH TIM PUTRA BASKET INDONESIA 3x3

Cabang olahraga 3×3 Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dimulai hari ini, Selasa, 21 Agustus. Tim 3×3 putra Indonesia sudah menjalani dua laga di hari pertama. Indonesia lebih dulu menang 21-8 atas Thailand, sedangkan di laga kedua, Indonesia kalah 15-17 dari Thailand. Dengan hasil ini, Indonesia bercokol di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A.

Rivaldo Tandra Pangesthio, Vincent Rivaldi Kosasih, Erick Jonathan Gosal dan Agassi Yeshe Goantara tampil meyakinkan di laga perdana. Mereka melibas Vietnam dengan skor 21-8. Vincent mencetak tujuh poin, kemudian Agassi dan Rivaldo sama-sama mencetak lima poin. Sedangkan Erick menambahkan empat poin.

Hasil positif ternyata gagal didapatkan pada laga kedua melawan Thailand. Indonesia menyerah dengan skor 15-17. Thailand yang sebelumnya menghajar Sri Langka 20-10, tampil luar biasa saat berhadapan dengan Indonesia.

“Kami datang untuk menang. Usia pemain Indonesia lebih muda dari kami. Mereka juga punya postur yang baik. Tetapi kami yakin bisa mengatasi perlawanan mereka,” kata pemain Thailand, Guntapong Korsah-Dick.

Laga berjalan ketat sejak menit pertama. Indonesia sempat memimpin pertandingan hingga enam menit berlalu. Tetapi tembakan dua poin salah satu pemain Thailand membuat Indonesia tertekan. Justru di bawah tekanan ini, Erick Gosal melakukan kesalahan kecil yang berakibat fatal. Seperti salah umpan dan melakukan pelanggaran ke pemain Thailand. Di waktu tersisa, Indonesia juga gagal menambah poin karena akurasi tembakan Agassi tidak setajam seperti laga pertama.

“Saya akui, ada sedikit kendala, Agassi kurang akurasinya di pertandingan kedua. Sementara Thailand bisa memanfaatkan kelemahan kita,” kata Manajer 3×3 Indonesia, Fareza Tamrella.

Indonesia masih menyisakan dua pertandingan lagi yaitu melawan Cina dan Sri Langka, Jumat, 24 Agustus. Di laga ini, Indonesia harus menang, bila ingin lolos ke babak berikutnya. Cina memang berat, karena di hari pertama mereka sudah menang dua kali. Selanjutnya, melawan Sri Langka, Indonesia harus menang dengan selisih poin yang banyak.

“Kami sekarang fokus untuk menghadapi Cina. Ini tantangan yang berat bagi kami. Lalu untuk Sri Langka, kami harus menang dengan poin yang banyak. Agar kita bisa menang hitung-hitungannya,” lanjut Fareza.

Indonesia berada di Grup A bersama Cina, Thailand, Sri Langka dan Vietnam. Di hari pertama, Cina dan Thailand mengumpulkan dua kemenangan. Lalu Sri Langka dan Vietnam, dua kali kalah. Indonesia ada di papan tengah dengan satu kali menang dan sekali kalah.