TIM BASKET PUTRI CHINA TAIPEI LOLOS DELAPAN BESAR

TIM BASKET PUTRI CHINA TAIPEI LOLOS DELAPAN BESAR

Setelah upacara pembukaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang berlangsung meriah, semua cabang olahraga kembali menggelar pertandingan. Termasuk basket 5v5. Minggu, 19 Agustus, tim putri Cina Taipei memulai pertandingan hari kelima dengan kemenangan 84-61 atas India. Cina Taipei menjadi tim yang pertama kali lolos di babak delapan besar.

Tiga pemain Cina Taipei mencetak poin digit ganda, mereka adalah Peng Szu-chin (14 poin), Chen Yu-chun (13 poin) dan Huang Ping-jen (11 poin). Cina Taipei unggul di area kunci dengan mencetak 48 poin di area tersebut dan merebut 45 rebound. Mereka juga memanfaatkan kesalahan 23 turn over yang dilakukan India menjadi 28 poin. Yang lebih istimewa, 29 poin dihasilkan Cina Taipei melalui fast break.

Pada awalnya, pertandingan terlihat seimbang. Di paruh pertama, Cina Taipei hanya unggul lima poin (33-28) atas India. Tetapi di awal kuarter keempat, Cina Taipei mampu melaju 17-0 dan memperlebar jarak menjadi 66-45. Kondisi tersebut membuat India semakin berat untuk mengejar ketertinggalan poin. Di kubu India, Jeena Palanilkumakalayil Skaria mencetak 13 poin, lalu Sidhu Raspreet menambahkan 12 poin dan Sangeeta Kaur menyumbang 11 poin.

Cina Taipei kini menduduki puncak klasemen Grup X dengan enam poin. Mereka dijadwalkan bertemu Indonesia, hari Selasa, 21 Agustus mendatang. Diyakini Cina Taipei akan menjadi lawan yang berat untuk Indonesia di gelaran Asian Games 2018 dalam kategori basket putri ini.