TIMNAS 3×3 PUTRI INDONESIA LOLOS DELAPAN BESAR

TIMNAS 3x3 PUTRI INDONESIA LOLOS DELAPAN BESAR

Tim 3×3 Putri Indonesia langsung mendapatkan tiket ke babak delapan besar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Mereka memenangkan dua pertandingan di babak penyisihan Grup D, Rabu, 22 Agustus. Indonesia mengalahkan Syria (16-15), lalu menundukkan Sri Lanka, dengan kemenangan mutlak 21-9. Indonesia tinggal menghadapi Korea Selatan untuk menentukan posisi juara grup.

Di laga pertama, pemain Indonesia terlihat masih gugup di arena pertandingan. Meski unggul lebih dulu, tapi Syria mampu menyamakan kedudukan 7-7 di sisa waktu empat menit. Pemain Indonesia semakin panik karena Syria bisa membuat skor jadi 13-13 setelah memasukkan tembakan dua poin.

Di sisa waktu kurang dari satu menit, Delaya Maria mencetak tembakan dua poin. Lalu Dewa Ayu Made Sriartha menambahkan satu poin. Syria sempat mendapatkan angin segar ketika wasit memberi bonus dua tembakan bebas. Namun waktu habis setelah Syria menambahkan dua poin. Indonesia unggul satu poin (16-15) saat buzzer. Ayu tampil luar biasa dengan mencetak delapan poin, diikuti Delaya empat poin, Ni Putu Eka Febiananda dua poin dan Christie Apriani Rumambi dua poin.

“Pertandingan pertama penting bagi kami. Sebab ini akan melancarkan perjalanan kami di pertandingan selanjutnya,” kata Ayu, usai mengalahkan Syria.

Pada laga kedua melawan Sri Lanka, Indonesia sudah mulai menikmati permainan. Strategi berjalan baik, meski kurang didukung dengan akurasi tembakan yang baik. Indonesia punya Eka yang bisa menguasai area lubang kunci. Pemain asal Bali tersebut bisa mencetak tujuh poin di pertandingan kedua.

Christie juga semakin tajam dengan memasukkan tiga tembakan dua angka. Ia mengoleksi enam poin. Delaya juga menambahkan enam poin, sedangkan Ayu yang fokus mengawal pertahanan bisa menyumbang dua poin. Pertandingan ini berakhir dengan skor 21-9 dan waktu tersisa 1 menit 7 detik.

“Kami sudah mengunci tempat di delapan besar. Satu lagi pertandingan melawan Korea Selatan. Mereka harus kami kalahkan agar bisa menempati puncak klasemen. Memang pertandingan pertama sulit bagi kami, tetapi para pemain bisa memperbaiki penampilan di laga kedua,” kata Fareza Tamrella, Manajer 3×3 Indonesia di Asian Games 2018.

Di Grup D, Indonesia bersaing dengan Korea Selatan, Syria dan Sri Lanka. Dua negara sudah dikalahkan Indonesia. Tinggal Korea Selatan yang akan menjadi lawan Indonesia, Sabtu, 25 Agustus mendatang. Korea Selatan juga sudah berhasil mengalahkan Syria dengan skor 16-15.