WHALEN PUTUSKAN UNTUK PENSIUN

WHALEN PUTUSKAN UNTUK PENSIUN

“Setelah 15 musim bermain di Women’s National Basketball Association (WNBA), saya akan pensiun di penghujung musim ini. Saya ucapkan terima kasih kepada WNBA, Connecticut Sun, dan Minnesota Lynx yang telah mempercayai saya sampai detik ini. Saya tak sabar menanti babak baru dalam karir basket saya dan berharap yang terbaik bagi pelatih dan rekan-rekan saya di Lynx untuk masa-masa mendatang.”

Kalimat di atas keluar dari mulut pemain sekaligus kapten Minnesota Lynx, Lindsay Whalen di laman resmi WNBA. Ya, Senin, 13 Agustus 2018, waktu setempat, Whalen memberikan pengumuman akan pensiun di akhir musim ini. Pengumuman ini tidak terlalu mengejutkan banyak pecinta WNBA mengingat Whalen sudah memainkan musim ke-15 dan beberapa kali sudah mengisyaratkan keinginan pensiunnya.

Akhir musim lalu, setelah membantu Lynx meraih gelar juara keempat mereka dalam tujuh tahun terakhir, perempuan berusia 36 tahun ini sudah ingin menepi. Tapi, ajakan dari Kepala Pelatih Lynx, Cheryl Reeve, untuk berjuang berama satu musim lagi membuatnya berubah pikiran. Selain itu, keberadaan rekan setimnya seperti Maya Moore, Seimone Augustus, Rebekkah Brunson, dan Sylfia Flowles membuatnya memutuskan bertahan.

Sepanjang 15 musimnya berkarir, Whalen sudah kehabisan hal untuk dibuktikan. Dari 477 laga yang ia mainkan, 322 di antaranya berakhir dengan kemenangan. Hal tersebut membuat Whalen menjadi pemain dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam sejarah WNBA. Ia juga tercatat sebagai pencekat asis terbanyak ketiga dalam sejarah WNBA di bawah Sue Bird dan Ticha Penicheiro.

Tak hanya di level klub, Whalen juga bermain untuk tim nasional Amerika Serikat. Di gelaran Olimpiade, Whalen berhasil mengantarkan Amerika Serikat meraih dua emas di dua gelaran tahun 2012 dan 2016. Setali tiga uang, Whalen juga mengantar Amerika Serikat meraih dua gelar emas di gelaran Piala Dunia tahun 2010 dan 2014.

Untuk babak baru dalam kehidupan basketnya, Whalen sudah menemukan hal tersebut April lalu. Whalen kembali ke almamternya, University of Minnesota sebagai kepala pelatih hingga lima musim ke depan. Musim ini menjadi musim pertama Whalen merangkap tugas tersebut dan menjadi pemain kedua dalam sejarah WNBA yang merangkap tugas sebagai pemain dan pelatih untuk tim NCAA.