DONCIC DIUNGGULKAN RAIH ROOKIE OF THE YEAR OLEH ESPN

DONCIC DIUNGGULKAN RAIH ROOKIE OF THE YEAR OLEH ESPN

Gelaran NBA musim 2018-2019 baru akan dimulai pada 16 Oktober mendatang. Acara-acara yang digelar untuk mengisi waktu luang jeda musim juga semakin menipis. Terhitung sejak Jnui lalu, NBA telah menggelar NBA Draft, NBA Awards, hingga NBA Summer League.

Pasar pemain bebas (free agent) juga masih terbuka hingga sekarang dan menyisakan beberapa nama yang belum jelas masa depannya. Nama-nama seperti Carmelo Anthony, Dwyane Wade, hingga Jamal Crawford belum menentukan akan membela tim mana musim depan.

Satu lagi cerita datang dari para pemain tahun pertama atau ruki (rookie). Minggu lalu salah satu video game basket terbaik di dunia, NBA 2K, merilis rating bagi ruki yang terpilih di tiga urutan pertama. Uniknya, Marvin Bagley III yang terpilih kedua ratingnya justru kalah dari peringkat ketiga, Luka Doncic. Bagley “hanya” diberi rating 78 sementara Doncic mendapatkan 79, sama seperti pilihan pertama, DeAndre Ayton.

Rating ini seolah makin membuktikan betapa tingginya ekspetasi pecinta NBA kepada Doncic. Doncic sendiri diprediksi banyak pihak akan terpilih di peringkat pertama. Sayangnya, Suns merasa lebih membutuhkan pemain berposisi senter dari pada garda.

Hal tersebut yang membuat posisi terpilih Doncic merosot ke peringkat tiga setelah Atlanta Hawks memilihnya. Hawks lantas menukar Doncic dengan Trae Young yang dipilih di urutan kelima oleh Dallas Mavericks.

Tingginya ekspetasi kepada Doncic semakin terbukti pada Selasa, 7 Agustus 2018, waktu setempat. Dalam sebuah pemungutan suara yang dilakukan oleh ESPN, Doncic mendapatkan suara tertinggi untuk calon peraih Rookie of The Year musim depan. Koresponden yang memilih adalah para panelis ESPN sendiri.

Total Doncic meraup 58 persen suara, Ayton menyusul kemudian dengan 24 persen. Setelah kedua pemain tersebut, tak ada ruki lain yang meraup dua digit persen suara. Jaren Jackson Jr. berada di urutan ketiga dengan enam persen suara. Collin Sexton, Wendell Carter Jr., Marvin Bagley III, dan Kevin Knox menutup hasil pemungutan suara dengan masing-masing mencatat tiga persen.

Menarik menunggu bagaimana aksi Doncic musim depan dengan tim Mavericks. Kedatangannya diduga akan membuat posisi Dennis Smith Jr. bergeser ke garda kedua (shooting guard). Harapan yang tinggi kepada Doncic diharapkan tak menjadi beban dan justru menjadi acuanya untuk terus membaik.