HANYA AKAN BELA HEAT MUSIM DEPAN, UJAR DWYANE WADE

HANYA AKAN BELA HEAT MUSIM DEPAN, UJAR DWYANE WADE

Dari sederet nama pemain yang belum memiliki tim untuk musim depan, Dwyane Wade menjadi nama terbesar. Sudah merengkuh tiga kali juara NBA, MVP Final, hingga 12 kali terpilih bermain di laga All Star, Wade sudah kehabisan hal untuk dibuktikan. Hal tersebut pula yang membuat Wade sepertinya sedang menimang keputusan terkait masa depannya, apakah masih akan bermain atau pensiun.

Dalam sebuah kesempatan wawancara di gelaran Jr. NBA, Wade memang belum memberi keputusan, tapi sudah memberi pernyataan penegasan. Dilansir oleh salah satu jurnalis basket Amerika Serikat, Tim Reynolds, Wade mendaku jika akhirnya ia kembali bermain musim depan, tim yang ia bela hanyalah Miami Heat. “Hanya Heat, jika saya bermain lagi musim depan, saya hanya akan bermain untuk Heat.”

Pernyataan Wade ini sekaligus menepis isu ia menimang keputusan untuk bermain di Cina musim depan. Sebelumnya, Zhejiang Golden Bulls, salah satu tim yang berlaga di Chinese Basketball Association (CBA), liga basket tertinggi di Cina dilaporkan memberi penawaran kontrak untuk Wade. Tak tanggung-tanggung, kontrak tersebut kabarnya bernilai AS$25 juta untuk tiga musim.

Zhejiang adalah salah satu tim Cina yang cukup sering diperkuat pemain-pemain alumnus NBA. J.R Smith, Eddy Curry, Jarnell Stokes adalah salah tiga pemain yang pernah mengenakan seragam Zhejiang.

Musim lalu, Wade sempat membela Cleveland Cavaliers di putaran pertama sebelum kembali ke Heat di putaran kedua. Suami dari aktris Hollywood, Gabrielle Union ini menjadi sosok penting Heat lolos ke playoff. Sayangnya, rataan 16,3 poin per laga di putaran pertama playoff gagal menyelematkan Heat dari kekalahan melawan Philadelphia 76ers.

Di pertengahan bulan Juni 2018 lalu, Wade juga sudah berujar kepada ESPN bahwa Heat akan menjadi tim terakhirnya di NBA. Di sisi lain, ia menyebutkan tak ingin mendapatkan rangkaian perpisahan seperti yang dilakukan oleh Kobe Bryant. Bila Wade memutuskan pensiun, ia ingin seperti layaknya pemain biasa pensiun, pengumuman dan selesai.

Di antara berbagai hal yang belum jelas terkait masa depannya. Satu hal yang pasti adalah Wade, akan selamanya menjadi legenda NBA dan Heat. Jika ada kesempatan ia mengungkapkan hanya akan bermain untuk heat jika ada kesempatan bermain lagi.