Teknik Melakukan Operan Pada Permainan Bola Basket

Teknik Melakukan Operan Pada Permainan Bola Basket – Bola Basket merupakan salah satu permainan menggunakan bola yang selalu di pantulkan pada lantai dan mengandalkan kekuatan tangan saat memainkan bola. Seseorang pemain bola basket yang handal mempunyai kemampuan penguasaan bola yang baik dan tidak mudah untuk di rebut oleh lawan. Selain itu penguasaan teknik-teknik dasar bola basket juga perlu dan wajib di kuasai.

Baca juga: Teknik Dasar Menggiring Bola Basket

Salah satu teknik yang terpenting dalam permainan bola basket merupakan teknik passing atau sering di kenal dengan melakukan operan bola terhadap teman dalam satu tim. Dalam teknik passing ini harus mudah di terima oleh rekan satu tim agar tak gampang di rebut oleh tim musuh. Terdapat beberapa teknik dalam melakukan operan pada permainan bola basket, berikut beberapa di antarnya.

Chest pass (operan dada)

Chest pass (operan dada)

Teknik mengoper bola basket yang pertama ini, pelaksanaannya adalah bola dipegang dengan kedua tangan ditahan ke depan dada dengan ujung jari kedua tangan, ibu jari harus berada di belakang bola dengan tangan dan ujung jari menyebar ke arah sisi bola. Posisi siku dekat tubuh, kemudian letakkan kaki pada posisi triple threat dengan tumpuan berat badan pada kaki yang belakang. Pindahkan berat badan ke depan ketika melangkah untuk melakukan operan. Pada saat melakukan tolakan untuk mengoper bola, luruskan lengan dan putar ibu jari ke bawah, sehingga tangan lurus dan diakhiri dengan sentakan pergelangan tangan (snap). Pandangan mata tetap kearah bola yang dioper dan arah bola harus lurus ke depan.

Bounce pass (operan pantul)

Bounce pass (operan pantul)

Berbeda dari teknik mengoper bola basket sebelumnya, Bounce pass pelaksanaannya adalah kedua tangan atau salah satu tangan ditempatkan dibelakang bola, kemudian lepaskan bola kearah bawah. Bola menyentuh lantai kira-kira dua pertiga dari jarak arah si penerima sehingga bola dapat ditangkap saat setinggi pinggang. Memantulkan bola terlalu dekat pada diri sendiri, maka lambungannya akan tinggi dan pantulannya lambat sehingga akan mudah dipotong oleh lawan, tetapi memantulkan bola terlalu dekat dengan penerima akan membuat bola sulit direbut oleh lawan.

Baseball pass (operan baseball)

 

Baseball pass (operan baseball)

Operan ini dilakukan dengan satu tangan, akan mempermudah mengoper untuk melakukan passing jarak jauh. Operan ini dimulai dengan posisi siap dengan salah satu kaki agak ke depan dan bola dipegang oleh satu tangan. Pada awalnya bola juga ditahan oleh tangan yang lainnya, yang tidak mengoper bola. Ketika berat badan berpindah ke belakang bola lalu diarahkan oleh kedua tangan tepat di belakang bahu dari sisi yang akan melempar. Pada saat akan mengoper, tangan yang melalukakn operan mengayun ke depan atas. Bola dilepaskan ketika tangan lurus ke depan. Itulah teknik mengoper bola basket yang disebut dengan baseball pass.

Over head pass (operan di atas kepala)

Over head pass (operan di atas kepala)

Teknik mengoper bola basket yang ini dimulai dengan posisi badan yang seimbang, pegang bola di atas kepala dengan siku ke dalam dan berbentuk sudut 90 derajat. Jangan bawa bola ke belakang kepala, karena dalam posisi tersebut susah untuk melakukan operan dengan cepat, dan mudah di curi oleh lawan, kaki melangkah ke depan sasaran, kumpulkan kekuatan maksimal dngan bertumpu pada kaki, kemudian dilanjutkan dengan operan cepat. Pada saat melakukan gerakan lecutan, jari mengarah kepada target dan telapak tangan ke bawah.

Fake pass

Fake pass merupakan cara mengoper bola tingkat mahir yang dilakukan untuk pertahanan. Fake pass ini bisa dilakukan dengan satu arah kemudian mengoper bola ke penerima bola. Dalam cara mengoper bola ini, pandangan mata diarahkan berlawanan dari arah anda akan melemparkan bola yang akan mengecoh lawan. Dengan cara operan ini otomatis lawan tak akan dapat mendeteksi atau sulit untuk memprediksi operan kita. Namun, pastikan bahwa operan bisa berakhir sempurna dan sampai pada penerima yang kita targetkan.